Perubahan Strategi Marketing Terbaru Yang Wajib Diketahui

Diposting pada 10 views
Perubahan Strategi Marketing Terbaru

Perubahan Strategi Marketing Terbaru Yang Wajib Diketahui

Berbagai perubahan besar yang terjadi di sekitar kita tentunya akan mempengaruhi kehidupan dan kegiatan orang-orang yang berada didalamnya, termasuk juga aktivitas bisnis. Salah satu unsur dalam bisnis yang juga mengalami perubahan drastis adalah media promosi. Dengan semakin mudahnya akses internet seolah sudah menjadi bagian hidup sehari-hari. Era digitalisasi yang tidak dapat dihindari ini menuntut para pelaku usaha untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi agar dapat memenangkan pasar. Kepopuleran media sosial yang turut memberikan kontribusi dalam penyebaran informasi membuat perubahan strategi marketing yang telah bergeser ke media digital memang harus dihadapi pelaku usaha. Mengabaikan perkembangan teknologi yang berjalan pesat akan membuat bisnis Anda tertinggal jauh.

Perubahan Strategi Marketing Terbaru

Terjadinya perubahan dalam metode komunikasi dan pencarian informasi turut mempengaruhi perubahan strategi marketing, dimana dengan mengikuti perkembangan yang terjadi maka akan membuat bisnis Anda dapat bertahan dan memenangkan pasar.

Adapun perubahan-perubahan yang terjadi pada strategi marketing saat ini adalah :

1. Perubahan perilaku konsumen
Memasang iklan di media elektronik dan cetak lazim dilakukan sebelum kehadiran internet. Pada saat itu keberadaan televisi dan media cetak seperti koran menjadi sarana yang banyak digunakan untuk mendapatkan informasi. Masih banyak orang yang menonoton televisi atau membaca koran pada era tersebut.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat dimana internet memberikan kemudahan dalam mengakses informasi serta kemunculan gadget yang beragam dan terjangkau, turut mendorong perubahan perilaku masyarakat. Masyarakat sudah mulai jarang membaca koran dan lebih memilih mengakses portal berita dari smartphone atau tablet, dimana berita yang ditampilkan selalu up-to-date. Saat mereka ditengah keramaian atau di tempat umum dan tidak dapat menonton televisi, mereka bisa menonton berbagai tayangan melalui Youtube dari gadgetnya. Peruibahan perilaku inilah yang harus segera direspon oleh pelaku usaha dengan membuat strategi marketing atau pemasarannya menjadi online.

2. Dominasi media online
Pada tahun 2007 internet baru digunakan sebagai sarana promosi, namun belum bisa mengalahkan iklan yang ada di media elektronik atau cetak.

Perubahan besar terjadi pada tahun 2012 dimana ditemukan bahwa iklan di media online mampu mendatangkan keuntungan lebih besar daripada iklan di media elektronik atau cetak.

3. Celeb blog vs Brand Ambassador
Sebelum booming teknologi internet, menggunakan jasa seorang bintang iklan atau public figure sebagai brand ambassador sebuah produk memang sangat efektif untuk menarik minat konsumen. Hal ini juga masih dilakukan di era digital meskipun terjadi pergeseran dalam penggunaan brand ambassador ini.

Celebtwit, celeb blog, buzzer, jumlah followers atau like di Twitter di Facebook menjadi influencer yang powerful. Konsumen lebih percaya pada orang-orang yang mengulas suatu produk dan men-share ke media online. Pertanyaan, opini, atau komen terhadap suatu produk yang dinyatakan secara terbuka dimana pengguna atau member dapat membacanya secara langsung,adalah sumber informasi bagi calon konsumen dalam menentukan pilihannya.

4. Komunikasi dua arah pada bidang marketing
Jika sebelumnya dalam bidang marketing, seorang marketer lebih banyak bicara dalam menawarkan produknya, sehingga terkadang ada kesan memaksa, sekarang hal tersebut sudah ditinggalkan. Seorang marketer harus bisa membangun komunikasi dua arah dengan calon konsumen. Dia tidak hanya berbicara mengenai produk yang ditawarkan, namun juga harus bisa mendengarkan apa yang menjadi kebutuhan atau keinginan konsumen. Dengan mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen, maka informasi tersebut dapat digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan atau inovasi produk

Berbagai perubahan yang terjadi menuntut pelaku yang ada didalamnya untuk bisa beradaptasi dengan cepat dalam menghadapi perubahan. Kesiapan dan kesigapan Anda dalam merespon setiap perubahan yang terjadi akan mempengaruhi bagi laju perkembangan usaha.

daftar master